Game online punya kaitan sejarah dengan lembaga antariksa Amerika Serikat (AS), NASA. Lembaga ini termasuk salah satu pihak yang memulai lahirnya permainan digital tersebut. Saat ini, game online sudah sangat berkembang. Tidak hanya untuk permainan, game online juga sudah menjadi ladang bisnis bagi sebagian kalangan.
Banyak sekali peluang bisnis yang lahir dari game online. Pihak yang menyediakan tempat penyewaannya (rental) sudah bisa mendapatkan keuntungan dari permainan tersebut. Para pembuat game juga meraup banyak penghasilan dari perkembangan ini. Sebagian mereka bahkan sudah terbangun menjadi industri besar pembuat game.
Satu lagi bisnis yang juga tercipta dari game online ini adalah jual beli karakter tokoh dan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam game. Mereka yang berhasil membangun karakter yang kuat dan merajai permainan, bisa menjual karakter itu kepada orang lain dengan harga tinggi. Jual beli karakter ini sudah sangat lazim terjadi.
Game online, menurut www.life123.com, tercipta dengan kontribusi ide dari banyak entitas dan perusahaan. Saat mulai muncul, permainan ini lebih populer disebut multiplayer game. Permainan ini sudah melibatkan perangkat server supaya banyak pemain bisa ikut tersambung.
Proyek game online pertama kali dinamai proyek Plato yang dikembangkan tahun 1972. Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Control Data Corporation dan Universitas Illinois, Amerika Serikat (AS). Lewat proyek itu, para mahasiswa bisa berinteraksi melalui terminal untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan pengetahuan tentang komputer.
Di tahun 1972, jaringan interaksi tersebut kemudian digunakan oleh para mahasiswa untuk mengembangkan game yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Interaksi ini kemudian menghasilkan atu interface khusus dalam jaringan tersebut yang hanya dialokasikan untuk menampung game. Saat itu, atmosfernya belum komersial.
Hampir bersamaan dengan itu, lembaga antariksa NASA juga membuat game yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Tahun 1973, NASA membuat multiplayer game dengan nama Maze War. Game ini mendorong tersedianya server buat hosting game. Konsep inilah yang kemudian mengalami reinkarnasi menjadi server-server besar yang menampung game online.
Barulah mulai tahun 1978, Multi User Dangeon (MUD) dikembangkan sebagai varian sistem game online pertama yang dikomersialkan. Genre game online berbasis MUD ini memang belum bisa dimainkan lintasnegara. Basis ini menjadi cikal bakal lahirnya Massively Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPGs) yang menyusun konsep dasar game online lintasnegara.
Di tahun 1984, MAD lahir sebagai game online pertama yang bisa dimainkan dari berbagai negara. MAD sebenarnya adalah platform MUD yang dihubungkan oleh jaringan internet yang menghubungkan berbagai belahan dunia. Tahun 1991, American Online (AOL) juga mengembangkan game online yang khusus disediakan untuk para pelanggannya. Game buatan AOL ini diberi nama Neverwinter Night. Ini adalah game online grafis pertama yang berbasis MMORPGs. Setelah itu, kemudian game-game online menjadi sangat populer dan digemarin banyak orang terutama anak muda.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.